Media Informasi Umum dan Aktual

Indahnya Perkebunan Teh Kemuning Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah


GUNUNG LAWU, mungkin masyarakat dari seantero negeri ini sudah mengenal salah satu gunung terbesar di indonesia ini, bisa jadi baik penduduk dari seluruh Indonesia pada umumnya dan penduduk Pulau Jawa khususnya sangat familiar bila mendengar nama Gunung yang letaknya tepat berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini.  Akan tetapi hampir bisa dipastikan belum banyak yang mengetahui bahwa di Gunung Lawu ada kawasan yang lokasinya tidak jauh dari Puncak Lawu, berupa sebuah Jalur yang memiliki pemandangan yang luar biasa menakjubkan.

Ya, jalur itu adalah sebuah Jalan Provinsi di kawasan Perkebunan Teh Kemuning, jaraknya kurang lebih 37 km dari Kota Solo, yang membentang dari kawasan Kecamatan Karangpandan menuju Obyek Wisata Candi Cetho, berada dalam wilayah Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

 

Sebuah jalur kendaraan umum yang menawarkan pemandangan yang tidak kalah indah dari jalur Puncak Bogor, Jawa Barat.  Ketika kita melewati jalur ini mata kita akan dimanjakan oleh hamparan Kebun Teh peninggalan Kompeni Belanda, terhampar luas di Lereng Gunung Lawu yang Gagah Perkasa, hingga membuat decak kagum kita akan salah satu karya seni rupa Sang Penguasa Jagad Raya ini. Namun bagi pengendara kendaraan bermotor yang ingin melintasi kawasan ini, tetap harus hati-hati karena medan yang naik turun berliku-liku. Apalagi jika anda ingin menempuh jalan menuju Candi Cetho yang menanjak tajam, maka performa kendaraan yang tangguh wajib anda siapkan.

Udara pegunungan yang sejuk akan membuat anda betah berlama-lama berada di kawasan ini, terutama bagi anda yang setiap harinya bergelut dengan macet dan panasnya suasana kota, apalagi bagi para pemuja keindahan alam pegunungan pasti mereka akan memilih melambatkan laju kendaraannya ketika melintasi jalur ini demi menikmati alam bak surga ini.

Positifnya lagi, pemerintah daerah setempat cukup menyadari akan pesona dan potensi wisata kawasan ini, sehingga pemda menggandeng beberapa pihak swasta dalam mengelola beberapa spot agar lebih banyak menarik wisatawan baik lokal, nasional maupun wisman.

Di beberapa sudut perkebunan yang dinilai menarik telah dibangun taman-taman persinggahan plus ornamen-ornamen penunjang yang bisa dijadikan tempat refreshing bagi para pengunjung yang ingin lebih berlama-lama berada di kawasan ini, dan mereka diharuskan membeli tiket masuk yang kemudian menambah Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Karanganyar sendiri.

Semakin ke sini kawasan ini semakin menarik pelaku bisnis sektor pariwisata, terbukti dari makin menjamurnya prasarana akomodasi dan kebutuhan kuliner, para investor swasta semakin tergerak mengeluarkan dananya untuk membangun tempat-tempat penginapan, hotel, restoran dan sebagainya.

 

Itulah alasan yang mungkin bisa membuat anda tertarik dan penasaran untuk bergegas mengunjunginya, jalur istimewa perkebunan teh tersebut memang belum dilalui angkutan-angkutan umum, namun saya rasa pesatnya perkembangan angkutan umum yang memanfaatkan internet dan tehnologi aplikasi alias angkutan berbasis online akan memudahkan anda untuk mendatanginya.

 

Ada yang menarik dari Gunung Lawu ini, satu gunung berada di dua wilayah provinsi, yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur, potensi alamnya “diperebutkan” oleh empat kabupaten, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Wonigiri, Kabupaten Magetan dan kabupaten Ngawi.

Namun nampaknya yang paling beruntung mendapatkan anugerah keindahan alamnya adalah Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Magetan, sementara Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Wonogiri menikmati bagian kecil dari keindahannya.

___________

Have any Question or Comment?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

Iblogmarket

IBX5A77295F48925

Googleadsense

Februari 2018
S S R K J S M
     
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728